cara memakai dinamo rak penetas telur

dinamo khusus penggerak rak penetas telur otomatis

tokopuas.com – jika dirumah anda ingin membuat sendiri mesin penetas telur, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, yang pertama adalah suhu, karena suhu ruangan untuk sebuah telur menetas berbeda – beda, tergantung dengan jenis telur yang ingin di tetaskan.

misalnya suhu tetas untuk telur ayam, berbeda dengan suhu tetas burung, reptil, dll. untuk itu, membuat sendiri mesin penetas telur akan lebih baik jika di kerjakan sendiri, karena bisa sesuai dengan apa yang di inginkan.

suhu dan kelembapan di dalam rak telur harus di perhatikan , jika anda pernah melihat langsung mesin penetas telur, di bagain bawah selalu di beri air, air inilah yang nantinya menjaga agar ruangan tetap lembab.

selain suhu, telur yang sedang dalam proses penetasan harus selalu di gerakkan setiap beberapa jam sekali, tujuanya agar embrio tidak menempel pada cangkang telur. untuk menggerakkan bisa dengan cara manual, atau otomatis.

baca : cara isi cairan wiper mobil.

untuk cara otomatis, teman teman dirumah bisa menggunakan dinamo synchronous, jenis dinamo ini adalah dinamo yang bisa tersynchronisasi, atau lebih tepatnya mempunyai kemampuan untuk berbolak – balik arah secara otomatis.

untuk tampilan dinamonya, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

dinamo khusus rak telur
alat rak otomatis

cara kerja dinamo rak penetas telur

dinamo di atas menggunakan tegangan listrik AC 220v atau listrik PLN, cara kerjanya, ketika dinamo berputar terus, dan saat menabrak atau terhenti karena terkena hambatan, maka segera putus sambungan listrik, dan ketika dinamo di sambungkan listrik lagi, maka dinamo akan berputar berlawanan arah.

alat khusus yang bisa digunakan untuk mengontrol agar tegangan litrik yang tersambung ke dinamo bisa terputus dan tersambung otomatis adalah dengan menggunakan digital timer detik menit. untuk detail digital timer yang bisa digunakan, bisa membacanya di sini : digital timer khusus detik.

perputaran dinamo ini juga lambat, sehingga aman untuk menggerakkan rak telur. jika anda bingung dengan apa yang saya tulis di tutorial ini, anda dirumah dapat melihat video yang saya buatkan di bawah ini :

semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.