kenapa nvidia quadro lebih mahal

alasan vga nvidia quadro lebih mahal di bandingkan nvidia geforce

tokopuas.com – di pasaran komputer, kita sering mendengan yang namanya vga card atau kartu graphics, yang mempunyai fungsi untuk memproses tampilan graphics. di pasaran, vga card yang sering kita temui adalah intel hd graphics, nvidia, amd radeon, dll.

namun, di antara nama – nama kartu graphics komputer, yang paling terkenal adalah nvidia, kartu graphics amd juga bagus namun masih kalah populer di bandingkan dengan nvidia. bagi para pemain game, pasti lebih memilih kartu graphic nvidia geforce GTX, sedangkan bagi para pekerja graphics, 3d desain, animation, dan rendering, lebih cocok mengunakan nvidia quadro.

nah, yang jadi pertanyaan, kenapa kartu graphics nvidia quadro di jual lebih mahal di bandingkan dengan nvidia geforce, padahal dari spesifikasi seperti cuda cores, openGL, tidak jauh beda. bahkan pengalaman pripbadi penulis saat melakukan render video dengan adobe premiere, saya pernah menggunakan quadro 2000 vs gtx 1050, yang sama sama vram 2 gb. hasil kecepatan yang di dapat tidak jauh beda.

baca : cara memperbaiki electric mirror mobil macet.

namun, dengan harga jual barang baru nvidia quadro yang sangat mahal di bandingkan nvidia geforce, tentu ada yang menjadi pembeda, sehingga harga yang di buat untuk sebuah produk, berdasarkan beberapa faktor.

di bawah ini, akan saya tuliskan kenapa nvidia quadro di jual sangat mahal.

Target pasar.

yah, seperti yang semua orang tahu, kartu graphic nvidia geforco lebih cocok untuk bermain game dan consumer personal, sedangkan kartu graphics nvidia quadro di buat untuk para professional yang menekuni bidang graphics desain, animator 3D, rendering, archtect, scientist, dll.

baca : setting vga card adobe premiere.

selain itu, jumlah produk nvidia geforce di buat secara masal dan di kembangkan berbagai perusahaan, seperti MSI, asus, gigabyte dan masih banyak lagi. semakin banyak barang di produksi dan permintaan pasar yang tinggi, maka pihak perusahaan akan menjualnya lebih murah yang bertujuan mendapatkan penjualan yang lebih tinggi.

contoh kasarnya seperti ini, lebih baik menjual 100 barang dengan untung 1000 rupiah perbarang dengan penjualan yang laris, di bandingkan menjual 10 barang dengan untung 3000 rupiah tapi daganganya kurang laris. mengingat teknology selalu berkembang setiap tahun.

nah, karena alasan ini lah harga nvidia geforce bisa di jual dengan harga lebih murah, namun berbeda dengan nvidia quadro yang di targetkan untuk pasar professional, komputer workstation, server, sehingga pasarnya menjadi lebih kecil di bandingkan pasar nvidia geforce. selain itu, masih sangat jarang ada perusahaan lain yang mengembangkan vga card quadro, karena jarang banget kita bisa ketemu kartu graphic nvidia quadro bermerek asus, msi, dll.

kartu graphics gtx

para gamer juga gak mungkin beli nvidia quadro untuk main game PC, karena hasilnya gak akan sebagus nvidia geforce.

hemat listrik.

untuk mengetahui konsumsi maksimal dari vga card, kita bisa mengetahui dari TDP. TDP kartu nvidia geforce membutuhkan daya yang lebih besar di bandingkan nvidia quadro, sedangkan kartu nvidia quadro adalah kartu graphics yang khusus di pakai untuk desain, server, workstation, desain 3d.

sehingga produsen nvidia quadro berusaha keras agar nvidia quadro bisa bekerja maksimal dengan konsumsi daya listrik yang lebih rendah.

menggunakan memory ECC.

nah, inilah yang menjadi faktor pembeda antara nvidia quadro dengan geforce, kartu graphic quadro menggunakan memory jenis ECC, sedangkan nvidia geforce masih menggunakan memory biasa.

baca : cara setting vga carad adobe efter effects

ECC atau kepanjangan dari Error Correcting Code adalah jenis memory khusus yang di buat anti error. memory ECC mempunyai kemampuan untuk mendeteksi dan memperbaiki error yang terjadi di dalam memory internel, yang di karenakan corrupt saat file beroperasi.

memory ecc adalah memory yang selalu di pakai di komputer server, dan komputer yang memakai jenis ini anti error yang di sebabkan terjadi system seperti komputer tiba – tiba mati, restart sendiri, atau layar biru.

coba bayangkan, jika komputer server terjadi error, pasti sebuah website atau system bisa langsung down. memory ecc di jual dengan harga lebih mahal, jadi nvidia quadro yang memakai jenis memory ini, juga di jual lebih mahal.

penggunaan ecc di nvidia quadro membuat para 3D desainer tidak perlu khawatir ketika bekerja, karena tidak perlu harus khawatir terjadi error ketika sedang mengerjakan project.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.