bayar pajak kendaraan aplikasi Sakpole

pengalaman bayar pajak STNK online sakpole aplikasi

tokopuas.com – kendaraan bermotor adalah alat yang sudah dimiliki hampir semua penduduk di indonesia, nah agar kendaraan di anggap legal dan bebas dari razia polisi, pemilik kendaraan harus membayar pajaknya.

Pajak yang yang harus di bayar untuk kendaraan sepeda motor adalah pajak tahunan ( STNK ) dan pajak 5 tahun sekali.

Seiring berjalanya waktu, ada beberapa layanan samsat di indonesia berbasis online, namun layanan ini hanya bisa di nikmati di beberapa provinsi saja, namun, yang perlu di ketahui, kebijakan setiap provinsi dalam pengurusan samsat online berbeda – beda.

baca : perbedaan SIM A B C DAN D

misalnya, pengurusan pembayaran pajak STNK tahunan via online lebih mudah dan nyaman untuk plat nomer area provinsi jawa barat, jakarta. sedangkan pengalaman saya pribadi untuk samsat area jawa tengah, masih sedikit rumit.

nah, untuk area jawa tengah, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi SAKPOLE, aplikasi ini bisa digunakan untuk membayar pajak stnk tahunan. untuk tampilan aplikasi sakpole bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

baca : denda tidak membawa STNK.

untuk memulai proses , silahkan klik Layanan online. dan lanjutkan dengan memilih ” PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN

selanjutnya, anda akan bertemu dengan halaman persetujuan :

selanjutnya anda harus memasukkan nomer plat dan 5 digit terakhir nomer rangka. nomer rangka bisa anda lihat di STNK anda. sebagai contoh, anda bisa melihat gambar di bawah ini :

nah, selanjutnya akan muncul rincian biaya yang harus anda bayarkan, dan jumlah denda.

di bagian ini, anda bisa memilih pembayaran yang sesuai dengan anda, jika anda tidak mempunyai rekening BANK , dan tidak mau ribet dalam proses pembayaran, silahkan pilih saja metode pembayaran via kantor pos, alfamart dan indomart.

pembayaran melalui alfamart membuat anda hanya perlu datang ke kasir, tunjukkan nomer pembayaran, dan selesai.. anda dapat struk.

struk pembayaran yang anda dapatkan dari alfamart, indomaret dan kantor pos, bisa anda bawa ke kantor samsat, atau samsat keliling sebagai bukti pembayaran dan di tukar dengan STNK.

Proses mudah pembayaran di aplikasi sakpole

di tutorial ini, saya menggunakan metode pembayaran BANK mandiri.

cara cepat bayar pajak

Untuk pembayaran via bank mandiri, silahkan anda masuk ke aplikasi mandiri online, dan pilih menu BAYAR – Multypayment, dan untuk penyedia layanan, silahkan pilih eSamsat jateng, dan masukkan kode bayar yang tadi anda dapat dari aplikasi sakpole.

Jika pembayaran sudah lunas, tampilanya akan seperti gambar di bawah ini :

trik mudah bayar sakpole

selanjutnya, jika status pembayaran anda telah lunas, anda hanya perlu datang ke kantor samsat terdekat. anda dapat melakukan print E-TBPKP , tampilan E-TBKP bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

bayar pajak online

namun, jika anda merasa repot dengan E-TBKP, anda cukup membawa struk pembayaran dari kantor pos, indomaret atau alfamart ke kantor samsat dengan membawa STNK asli dan KTP asli, dan anda bisa menukarnya dengan STNK baru.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.