akibat freon ac mobil terlalu banyak

system AC mobil cepat rusak jika freon overload

tokopuas.com – system ac yang berada di dalam mobil memerlukan gas freon, volume gas yang berada di dalam system ac harus pas, tidak boleh kurang atau lebih, jika gas freon terlalu sedikit akan membuat system ac tidak bisa mengeluarkan hawa dingin dengan maksimal, sedangkan jika terlalu banyak ( overload ), akan membuat system ac mobil cepat.

masalah yang akan timbul jika freon AC mobil terlalu banyak / overload

  1. magnetic clutch cepat rusak

bagian yang paling cepat terkena dampak jika gas overload adalah bagian magnetic clutch, hal ini di karenakan, ketika volume freon yang terlalu banyak, secara otomatis sensor tekanan yang ada di dalam ac akan mendeteksi tekanan berlebih, sehingga secara otomatis akan mematikan magnetic clutch. dan setelah tekanan kembali menurun, magnetic clutch akan hidup lagi, dan berlanjut mati lagi lagi karena tekanan gas freon yang overload tidak stabil.

baca : nilai jual dari tempered glass.

kondisi ini jika terus berlanjut, magnetic clutch akan rusak dengan cepat, jika mobil digunakan terus menerus selama 2 minggu, dengan kondisi AC mobil ON, magnetic clutch akan rusak dan harus di ganti. biaya penggantian magnetic clutch harganya cukup mahal, tergantung dari jenis mobil yang digunakan.

2.AC mobil kurang dingin

banyak yang beranggapan jika gas di isi lebih banyak, ac mobil akan mengelurakan hawa dingin lebih kuat, hal ini sangatlah salah. kapasitas freon di dalam mobil harus pas, saya pribadi pernah mengisi mobil avanza, dengan freon yang terlalu banyak, ternyata ac mobil malah tidak mengeluarkan hawa dingin.

3.system ac yang akan cepat rusak.

tahukah kamu, tekanan yang terlalu tinggi akan membuat selang – selang ac cepat rusak karena menahan tekanan yang bukan semestinya, selain itu juga akan berakibat terjadinya kebocoran pada bagian evaporator, kompressor.

4.kerja kompressor yang berat dan mesin boros bahan bakar.

kompressor ac mobil mempunyai system kerja seperti jantung, yaitu memompa aliran freon, jika freon terlalu banyak akan berakibat kinerja kompressor terlalu berat, ibarat penyakit darah tinggi pada manusia.

baca : pengalaman bayar pajak dengan aplikasi sakpole.

nah, karena perputaran kompressor ac mobil mengambil dari perputaran mesin yang di salurkan melalui fanbelt, maka mesin akan bekerja lebih berat ketika ac di nyalakan. kinerja mesin yang berat akan mempengaruhi performa dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

baca : cara memperbaiki tombol elektrik mirror mobil.

nah, untuk tekanan FREON AC di dalam mobil adalah di kisaran 27 – 30 psi jika di ukur melalui katup low pressure, dan 180 psi jika di ukur melalui katup high pressure.

kesimpulan :

freon yang ada didalam system ac mobil juga tidak akan habis kecuali terjadi kebocoran, karena fungsi freon hanyalah sebagai penghantar.

alat untuk mememeriksa ukuran tekanan freon mobil

alat yang digunakan adalah pressure gauge meter.pressure meter

berapa standard tekanan freon ac mobil

standard tekanan ac mobil adalah 27 -30 psi, di ukur melalui katub low pressure menggunakan pressure gauge meter, dan sekitar 180 psi jika di ukur melalui katub high pressure.

terlalu banyak freon apakah membuat ac semakin dingin

tidak, system ac akan cepat rusak, dan ac tidak bisa mengeluarkan hawa dingin

apakah freon ac mobil bisa di ganti dengan freon yang biasa di pakai untuk kulkas, refrigerant ??

iya, bisa, tapi harus menggunakan ukuran yang tepat sesuai standard system ac mobil

apakah aman menggunakan gas LPG sebagai pengganti freon ac mobil

kurang aman, karena gas LPG mudah terbakar, mengingat system ac berdampingan dengan mesin. jika terjadi kebocoran, maka akan membuat mobil mudah terbakar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.