cara isi freon AC mobil dengan mudah

trik isi freon ac mobil cepat

tokopuas.com – AC atau air cooler atau pendingin udara merupakan salah satu bagian yang membuat nyaman pengemudi mobil, jika mengendarai mobil tanpa AC maka akan terasa panas, gerah dan keringetan.

system kerja ac didalam mobil membutuhkan gas freon, jika gas ini habis, maka system pendingin ac tidak akan bisa bekerja, karena itulah, setiap beberapa bulan, freon di dalam ac harus selalu di check, apakah sudah pas atau malah ada kebocoran.

bocor sedikit saja, gas freon bisa cepat berkurang dan habis sehingga membuat system ac tidak bisa dingin, dan hanya keluar angin.

sebelum melakukan proses pengisian freon, pastikan system ac dalam kondisi normal, tidak ada kebocoran, dan masalah lain. tujuan dari tutorial ini hanya untuk memudahkan anda yang ingin melakukan check atau isi freon sendiri di rumah.

untuk mengisi freon di dalam mobil, pertama tama, siapkan dahulu alat alat yang di butuhkan.

alat untuk mengisi freon mobil

1.pressure gauge meter ( bisa pakai singgle manifold atau double manifold )

trik isi freon ac

2.kran pembuka kaleng freon.

cara mudah isi ac mobil

selang khusus yang di sambungkan ke pressure gauge meter

ac mobil murah

quick coupler untuk ( neple ) untuk di sambungkan ke low pressure dan high pressure

knop alat untuk ac mobil

selanjutnya, jangan lupa rangkai semua peralatan di atas, yaitu sambungkan quick coupler ke selang, dan sambungkan selang ke pressure gauge meter. UNTUK proses perakitan, bisa menonton video yang telah saya buat.

sedangkan, untuk kran, nantinya akan di sambungkan ke kaleng freon.

cara mudah mengisi ac mobil

sebelum memulai pengisian freon, ada satu hal yang harus di perhatikan, yaitu untuk pengisian freon ac mobil, di lakukan melalui katup LOW pressure.

untuk proses pengsisian dan pengukuran tekanan freon, mesin mobil harus dalam kondisi menyala dengan kondisi AC mobil di nyalakan. saat proses pengisian tekanan freon yang pas dan stabil adalah untuk low pressure di range 25 – 30 psi, sedangkan untuk high pressure sekitar 180 psi.

jika saat proses pengisian, tiba tiba terlihat bagian kompressor yang hidup dan mati menyala tidak stabil, berarti freon yang anda masukkan terlalu banyak, segera kurangi.

servis ac mobil termurah
low pressure
trik mudah ganti ac mobil
high pressure

pengisian freon yang terlalu banyak, akan membuat ac tidak bisa mengeluarkan udara dingin, kerja kompressor menjadi berat, dan membuat magnetic clutch cepat rusak dan tidak bekerja dengan normal.

sedangkan pengisian freon yang terlalu sedikit, juga tidak bagus, jumlah freon harus pas. saya pribadi pernah mengalami freon yang terlalu sedikit dan terlalu penuh.

ciri ciri freon terlalu banyak :

1.saat ac mobil di hidupkan, coba lihat bagian kompressor dan magnetic clutch, jika sensor tekanan ( pressure switch ) masih bekerja, maka akan terlihat kompressor yang mati, terus berlanjut hidup dengan jeda beberapa menit.

nah, langkah pertama, silahkan sambungkan pressure gauge meter ke katup low pressure,

ac mobil kotor dan tidak dingin

selanjutnya, sambungkan freon ke kabel input, di gauge meter.

untuk proses pengisian, silahkan hidupkan mesin mobil, dan hidupkan ac mobil, sehingga terlihat kompressor mobil bekerja. di proses inilah, saatnya anda mengisi freon ac.

baca : penyebab tekanan freon ac terlalu tinggi.

untuk proses pengisian, silahkan anda putar scara perlahan di bagian low pressure, anda harus membukanya secara perlahan, lalu tutup lagi.

lakukan cara ini hingga tekanan sudah stabil di angka maksimal 30 psi, optimal di 25 – 30 psi, dan untuk high pressure harus stabil di angka 180 psi.

setelah pengisian freon berhasil, silahkan anda tutup semua kran, kran di freon, dll, dan lepaskan kabel yang telah menempel di katup low pressure. dan jangan lupa check kerja AC mobil anda, apakah sudah normal dan dingin…???

jika anda bingung dengan tulisan yang saya buat ini, anda bisa melihat video youtube yang telah saya buat :

jangan lupa untuk like dan subscribe

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.