cara cek aki mobil soak

trik mudah check aki mobil yang rusak

tokopuas.com – aki berfungsi sebagai bateray yang tersambung lansung ke dinamo starter mobil, jika aki mobil rusak, soak, maka membuat mobil tidak bisa di starter. system aki sama sama seperti bateray isi ulang, sehingga bisa tercharger otomatis ketika mesin di hidupkan.

aki mobil yang di jual di pasaran, mempunyai 2 jenis, yaitu aki kering dan aki basah, untuk aki basah harus di rawat dengan cara memperhatikan jumlah air accu di dalamnya harus sesuai, tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit.

baca : cara check keaslian oli asli honda ahm.

sedangkan bagi pengguna aki kering, akan sedikit lebih santai, karena tidak perlu lagi memikirkan perawatan air aki, namun, aki kering saat sudah melebihi masa pakai, bisa rusak secara mendadak, berbeda dengan aki basah, yang jika mengalami soak, akan memberikan tanda – tanda.

nah, untuk mengechek apakah aki yang kita miliki masih aman, dan tidak soak, kita bisa menggunakan alat yang bernama ” tester aki mobil “.

baca : cara foto copy bolak – balik dengan printer.

alat ini selain bisa mengecheck aki soak, bisa juga untuk mengecheck dinamo ampere, atau lebih tepatnya mengecheck bagian mesin yang berfungsi mengisi ulang daya listrik aki saat mobil digunakan.

cara kerja alat ini, kita hanya perlu melihat lampu yang menyala saat alat di sambungkan ke aki, perhatikan gambar di bawah ini :

tutorial periksa aki soak

cara pertama, saya akan mengechek aki mobil dengan kondisi mobil saya diamkan selama 12 jam tidak di gunakan, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini :

cara test aki mobil

cara kedua, saya akan mengechek aki mobil setelah berjalan sekitar 30 km, dan hasilnya teman – teman bisa melihatnya seperti gambar di bawah ini :

trik mudah periksa aki

dari gambar diatas, bisa di lihat jika aki telah tercharger dalam kondisi full, setelah mobil digunakan berjalan sejauh 30 km, test di atas saya lakukan dengan kondisi mesin mati.

cara test dinamo ampere mobil.

selanjutnya, saya akan mengetest aki dalam kondisi mesin di hidupkan, tujuanya yaitu untuk mengetes apakah dinamo ampere di dalam mobil bekerja normal atau terjadi masalah, dan hasilnya teman – teman bisa melihat seperti gambar di bawah ini :

jika di perhatikan dengan seksama, di bagian alternate stator, terlihat ada lampu menyala di bagian good, ini menandakan jika dinamo ampere di mobil telah bekerja normal.

untuk video tutorialnya teman – teman di rumah bisa melihat di bawah ini :

jangan lupa untuk like dan share yaaa, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.