cara kerja kunci gembok

mekanisme sederhana cara kerja gembok

tokopuas.com – gembok merupakan salah satu alat pengaman yang sering digunakan untuk mengunci pagar, rantai dengan aman. seiring berjalanya waktu dan perkembangan zaman, gembok sudah di buat di desain dan di modifikasi agar lebih baik.

tahukah kamu, bagaimana mekanisme gembok bekerja,? untuk gembok tradisional cara kerjanya dengan menggunakan mekanisme pengunci pin dan springs. untuk detailnya coba perhatikan gambar di bawah ini :

saat kunci di masukkan kedalam lubang gembok, coba perhatikan bagian pin berwarna merah dan hijau menjadi sejajar.. hal ini membuat silinder menjadi bebas dan bisa di putar dengan kunci.

baca : cara merakit sensor gerak detik menit.

sekarang, coba perhatikan gambar di bawah, ketika posisi gembok tidak di masuki kunci.

dari gambar di atas, pin merah masuk kedalam silinder, dan mengunci silinder, sehingga silinder tidak bisa berputar.. untuk lebih jelasnya, saya akan menunjukkan gembok transparant yang pernah saya beli. lihat gambar di bawah ini :

baca : cara memeriksa aki dan dinamo ampere mobil.

terlihat saat gembok tidak di masuki kunci, pin masih menekan bagian silinder.. selanjutnya, saya akan memasukkan kunci kedalam gembok, dan terlihat pin menjadi sejajar, sehingga silinder bisa di putar.

silinder ini akan menggerakkan tuas pengunci U, yang ada di gembok.

untuk videonya, teman – teman dirumah bisa melihat video di bawah ini :

jangan lupa like dan subscribe, terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.