Posted on Leave a comment

cara berhenti di tanjakan dengan mobil

trik mengemudi mobil

trik stop and go di tanjakan dengan mobil matic

tokopuas.com – saat kita mengemudikan mobil di area pegunungan, ada kalanya kita harus berhenti di tengah tanjakan atau jalan naik, hal ini sudah umum di alami, namun bagi pengemudi mobil yang belum terbiasa, atau masih tahap belajar, pasti akan sangat berbahaya jika berhadapan dengan kondisi jalan seperti ini.

kecelakaan yang sering terjadi adalah mobil mundur di tengah jalan tanjakan dan menabrak pengendara yang berada di belakanya, tentu ini sangatlah berbahaya. untuk berhenti dan melaju saat mobil berada di tanjakan, ada trik khusus yang harus di lakukan agar tetap aman dan tidak merusak mobil.

di tutorial ini saya menggunakan mobil matic, toyota avanza 2010, untuk memulai trik ini pastikan rem dalam kondisi normal dan hand rem atau rem tangan berfungsi dengan baik. okey langkah pertama kita buat sebuah simulasi jika mobil sedang melaju di tanjakan, dan tiba – tiba harus berhenti, seperti biasa untuk berhenti, kita harus menginjak rem.

baca : cara aman berbelok dengan mobil.

cara mudah berhenti di jalanan naik menggunakan mobil

selanjutnya, kita harus menarik hand rem atau rem tangan, saat rem tangan telah aktif, mobil akan aman dan tidak khawatir akan mundur jika kita berhenti menginjak rem.

cara berhenti di tanjakan

khusus mobil matic, jika anda berhenti hanya sebentar, pindahkan gigi perseneling ke L ( Low ) , namun jika berhenti cukup lama, pindahkan gigi perseneling ke gigi N ( neutral ). hal ini berguna agar kampas kopling yang berada di dalam mesin menjadi lebih awet.

trik mudah setir mobil

selanjutnya, untuk menjalankan mobil, mula – mula, kita pindahkan dahulu gigi perseneling ke gigi L, dan letakkan kaki kanan ke gas tapi gas jangan di injak dahulu. selanjutnya silahkan anda posisikan tangan kiri ke hand rem ( rem tangan ) dan lanjutkan dengan menginjak pedal GAS secara perlahan hingga terdengar mbengar dan terasa bergetar.

cara cepat belajar mengemudi

baca : arti kode yang ada di ban mobil.

dan lanjutkan dengan melepas hand rem secara perlahan, dan mobil akan melaju. inilah trik start and go yang aman ketika berada di jalan tanjakan, dan selamat mengemudi mobil dengan aman dan tenang.

video tutorial cara stop and go di tanjakan :

jika anda menggunakan mobil manual, caranya akan menjadi lebih rumit karena harus terbiasa dengan pedal kopling.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.