cara mengecheck minyak rem mobil motor

trik periksa kualitas oli rem mobil dan motor

rem merupakan bagian terpenting yang harus selalu di perhatikan, karena bagian ini adalah bagian yang sering di pakai. banyak kasus terjadi rem blong, yang mengakibatkan tewasnya pengendara adalah bukti jika bagian ini tidak di rawat atau digunakan dengan baik.

salah satu cara yang di pakai untuk merawat rem cakram adalah dengan memeriksa kualitas oli rem, jika oli sudah tidak layak di pakai, ada baiknya anda segera menggantinya.

baca : perbedaan oli irem cakram dot3 dan dot4.

saat kita melakukan pengeraman di rem cakram atau jenis rem yang memakai oli rem, maka gesekan antara kampas rem akan menghasilkan panas. panas ini secara langsung akan membuat oli rem seperti di rebus.

nah, seiring berjalanya waktu karena penggunaan, oli rem akan tercampur dengan air ( H2O ), untuk kadar air yang di perbolehkan bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

  • Jika kadar air di dalam oli cakram di bawah 1% , berarti oli masih aman.
  • Jika kadar air di dalam oli cakram dari 1% hingga 2%, masih layak, dan periksa kembali 6 bulan.
  • Jika kadar air di dalam oli cakram kisaran 2% hingga 3%,sangat di rekomandasikan untuk mengganti oli.
  • jika kadar air lebih dari 4%, ini menandakan rem anda sangat berbahaya.

nah, untuk melakukan pengetasan ini, saya akan menggunakan alat yang bernama brake fluid tester. untuk tampilanya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

alat ini punya tampilan lampu, yang nantinya akan menunjukkan kadar air yang terkandung di dalam oli rem. untuk cara penggunaanya juga cukup mudah, kia hanya perlu menyelupkan sensor ke dalam oli rem cakram, seperti gambar di bawah ini :

untuk videonya, teman – teman bisa menontonya di bawah ini :

One thought on “cara mengecheck minyak rem mobil motor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.