cara merawat rantai motor

Cara membuat rantai motor lebih awet

tokopuas.com – rantai adalah bagian terpenting di motor, rantai berfungsi menyalurkan pergerakan dari gear depan ke gear bagian belakang.

Untuk merawat rantai agar tidak cepat rusak, ada banyak hal yang harus di perhatikan.

1.pelumasan rantai.

Rantai terbuat dari bahan baja dan selalu bergesekan. Jika rantai di biarkan kering dan berkarat, akan berakibat usia rantai yang lebih cepat rusak . Nah, melumasi rantai adalah solusinya.

baca : cara merawat piston sepeda motor.

Tapi, melumasi rantai dengan oli bekas dan minyak goreng adalah kesalahan. Oli bekas hanya akan membuat debu mudah menempel di rantai. Jadi, gunakan pelumas khusus rantai.

2.membersihkan rantai.

Saat rantai terendam air banjir, air laut, segeralah bersihkan rantai motor, untuk mencegah terjadinya karatan. Air laut yang asin bisa dengan mudah dan cepat membuat besi korosi parah dalam hitungan hari, jika tidak segera di bersihkan.

3.Pengaturan kekencangan rantai.

Mengatur kencangnya rantai, merupakan bagian terpenting dan harus pas, tidak boleh terlalu kencang atau longgar. Jika rantai terlalu kencang, berpotensi rantai terputus, sedangkan jika rantai terlalu longgar, bisa membuat rantai terlepas dari gear.

Jika rantai pernah terlepas, biasanya rantai akan rusak, karena berbenturan dengan skrup gear, dan jika tidak segera di ganti, akan sangat menggangu kenyamanan.

4.posisi gear.

Posisi gear belakang dan gear depan harus sejajar, tidak boleh melenceng kanan dan kiri. Untuk pengaturan bagian ini, harus di lakukan dengan teliti dan hati – hati.

Jika gear depan dan belakang tidak sejajar yang di akibatkan kesalahan pemasangan, bisa berpotensi rantai terputus saat kendaraan digunakan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.