Ciri ciri rantai keteng rusak

Penyebab dan ciri ciri rantai keteng rusak

tokopuas.com – rantai keteng ( timing chain ) atau ada yang menyebutnya sebagai rantai kamrat, rantai kentang merupakan komponen penting yang harus di perhatikan. Saat terjadi gejala di bagian ini, di sarankan untuk segera mengganti bagian ini. Karena jika tidak segera di ganti akan berpengaruh terhadap komponen mesin lainya.

baca : cara mengencangkan rantai motor.

Rantai keteng berfungsi untuk menyalurkan perputaran dari kruk as le bagian noken as. Noken as yang bergerak akan menggerakkan klep yang nantinya akan membuka dan menutup. Klep ini berfungsi untuk keluar dan masuknya gas ke ruang bakar mesin.

Nah, karena alasan inilah, jika terjadi kerusakan pada bagian rantai keteng, akan berpengaruh pada tarikan dan performa mesin.

Penyebab rantai keteng rusak.

Rantai keteng bisa rusak bisa disebabkan karena rantai keteng yang telah aus atau sudah saatnya ganti, atau bisa juga karena pemilik kendaraan telat mengganti oli, menggunakan oli kualitas buruk/ oli palsu atau pakai oli bekas tak layak pakai.

baca : perbedaan busi motor matic dan motor bebek.

Untuk memeriksa apakah rantai keteng yang digunakan rusak, pemilik hanya perlu memanaskan mesin selama 15 menit, jika setelah 15 menit terdapat suara tek…tek..tek.. di bagian mesin secara terus menerus, maka bisa di pastikan rantai keteng rusak. Suara ini didapat dari rantai yang kendur dan mengahantam blok mesin.

baca : cara memperbaiki tuts tombol keyboard lepas.

namun jika hanya terdengar suara tek.. tek..tek selama beberapa menit terus menghilang, maka penyebabya kualitas oli yang digunkan kurang baik atau sudah saatnya di ganti.

Jika rantai keteng di biarkan kendur dan tidak segera di ganti, bisa berakibat rantai terlepas bisa terlepas dari jalur dan menghantam klep dan piston. Bahkan pernah ada piston yang bocor akibat terkena rantai keteng. Dan jika ini sampai terjadi, pemilik kendaraan harus membongkar mesin dan banyak sparepart yang harus di ganti…

Jadi.. segeralah mengganti rantai keteng.. ji

One thought on “Ciri ciri rantai keteng rusak

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.