Posted on Leave a comment

Denda tilang sabuk keselamatan mobil

denda sabuk keselamatan

Denda tilang pengemudi tak pakai sabuk keselamatan mobil

tokopuas.com – mobil di lengkapi dengan safety belt atau sabuk keselamatan yang berfungsi mencegah kepala penumpang terbentur ketika mobil di rem medadak atau terjadi tabrakan. Banyak manfaat menggunakan safety belt, seperti mencegah tubuh ambruk terjatuh saat sedang tidur, DLL.

baca : denda tilang tidak pakai helm.

Nah, saat ada razia polisi, pengemudi dan penumpang yang duduk di samping kursi pengemudi di wajibkan memakai sabuk pengaman ini, jika tidak memakai sabuk kesematan, maka harus membayar denda tilang.

denda sabuk keselamatan

Untuk biaya tilang yang harus di bayarkan adalah di atur undang undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 289 yang berbunyi :

” setiap pengemudi atau penumpang yang duduk disamping pengemudi mobil tak mengenakan sabuk keselamatan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp.250.000,- ( dua ratus lima puluh ribu rupiah ).”

baca : biaya denda tilang tidak menyalakan lampu kendaraan.

denda 250.000 adalah denda maksimal, jika anda mengambil slip merah saat tilang, maka biaya denda yang harus anda bayar di tentukan oleh hakim pengadilan.

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.