Denda tilang spion motor dan mobil

Denda tilang kendaraan tanpa kaca spion

tokopuas.com – setiap kendaran bermotor yang menggunakan jalan, di wajibkan memenuhi persyaratan teknis layak jalan, hal ini agar kendaraan tersebut menjadi standard dan aman bagi pengendara.

Khusus pengguna sepeda motor, kelengkapan standard yang harus ada adalah lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan/speedometer, kaca spion lengkap dan juga knalpot.

baca : perbedaan pelat nomor TNKB dan TCKB.

Khusus pengguna mobil, kelengkapan sama dengan kelengkapan motor, cuma di tambah kaca depan, bumper , dan penghapus kaca.

Jika menggunakan knalpot variasi, maka knalpot tersebut harus mengeluarkan suara yang tidak berisik, jika knalpot mengeluarkan suara terlalu berisik, maka akan terkena sanksi pidana.

Kaca spion utama juga harus sesuai standard, dan lengkap 2 buah, untuk kanan dan kiri, jika di modifikasi terlalu kecil, akan terkena tilang saat razia.

baca : batas kecepatan berkendara di jalan raya.

Sanksi pidana antara motor dan mobil berbeda, untuk pelanggar yang memakai sepeda motor akan terkena sanksi berdasarkan Undang undang nomer 22 tahun 2009 pasal 285 ayat 1, yang berbunyi :

” setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot ,dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp.250.000-, ( dua ratus lima puluh ribu rupiah ).”

Sedangkan khusus pengendara mobil, akan terkena pasal 285 ayat 2, yang berbunyi :

” setiap pengendara mobil yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti spion, klakson, lampu utama ,lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda maksimal Rp.500.000,- ( lima ratus ribu rupiah )”

nah, denda di atas adalah denda maksimal, besarnya denda yang nantinya akan di bayarkan di tentukan oleh hakim pengadilan, jika memilih surat tilang warna merah.

atau membayar penuh sebelum jadwal pengadilan jika memilih surat tilang warna biru. Atau bisa juga membayar setelah pengadilan dengan biaya yanh telah di tentukan oleh hakim pengadilan.

Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share .

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.