faktor penyebab peralatan listrik meledak

alasan yang membuat peralatan listrik mudah meledak

tokopuas.com – terkadang kita sering mendengar ada peralatan yang meledak, sehingga mengakibatkan kebakaran, dan kerugian material lainya… nah, kebanyakan orang pasti berfikir kerusakan ini di karenakan adanya arus pendek atau konsleting. namun, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah.

arus listrik yang di instal melalui saklar emciby, seharusnya sudah otomatis memutuskan arus jika ada kejadian konsleting. namun, dengan terjadinya konsleting, peralatan listrik akan langsung rusak atau meledak dan terjadi kebakaran… nah.. disini akan saya tuliskan dan pengalaman saya seputar cara menjaga keamanan rumah anda dari kebakaran.

di indonesia.. peralatan standard tegangan listrik PLN adalah 220v -230v. coba teman – teman dirumah memeriksa peralatan listrik di rumahnya.. dan tegangan yang di alirkan PLN hanya 220v.

terkadang, saat ada petir menyambar kabel tiang listrik atau kabel listrik, dan kabel listrik tersebut terhubung ke rumah – rumah warga.. biasanya banyak peralatan listrik yang akan langsung meledak atau terbakar.. hal ini di sebabkan tegangan listrik dari petir adalah sekitar 60.000 kilo volt. tegangan ini terlalu besar dan kuat .

masalah lain juga terkadang di sebabkan oleh generator listrik atau kerusakan pada pembangkit listrik.. pembangkit listrik PLN indonesia hanya menyalurkan listrik dengan tegangan 220v. maka jika terjadi kesalahan tegangan listrik berubah drastis di atas 270v, atau 1500 volt, maka peralatan listrik di rumah warga akan langsung terbakar atau meledak.. untuk mengatasi hal ini, pihak PLN memasang sebuah trafo yang berada di tiang listrik…

listrik meledak

fungsi trafo ini untuk menyetabilkan tegangan listrik . sehingga terjadi kesalahan pada pembangkit listrik, maka rumah warga bisa terselamatkan dari ancaman peralatan elektronik meledak atau terbakar….

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.