Posted on 1 Comment

fungsi surat tilang biru dan manfaatnya

Kegunaan surat tilang biru dan manfaatnya

tokopuas.com – saat seorang pengandara terkena tilang, pengendara tersebut sebenarnya mempunyai dua pilihan untuk memilih jenis surat surat tilang, yaitu surat tilang warna merah, dan surat tilang warna biru.

namun, bagi pengendara yang belum mengerti tentang fungsi dari surat tilang tersebut, memilih pasrah saja. Di kasih surat tilang warna merah di terima, biru juga tetap terima, pungli juga tetap di bayar kalau punya uang.

baca : perbedaan sim A B C dan D.

fungsi surat tilang biru

Nah, pasrah atau asal menerima pungli saja merupakan kesalahan, hal ini di karenakan dengan mengetahui jenis surat tilang , maka seorang pengendara bisa memilih cara menyelesaikan masalah, dan tidak menjadi lebih rumit ataupun merepotkan.

fungsi surat tilang biru 

jika pelanggar mengakui pelanggaran lalu lintas yang di lakukanya , dan tidak bisa menghadiri sidang, maka  pelanggar bisa meminta lembar surat tilang biru, dan bisa membayar denda melalui bank. jika membayar hari itu juga dengan biaya maksimal, maka surat bisa langsung di ambil di kapolsek.

namun, ada kesalahan anggapan , yaitu jika menerima lembar surat tilang warna biru, pelanggar harus membayar denda dengan jumlah maksimal sesuai peraturan pasal. nah, yang harus anda pahami, membayar denda maksimal hanya akan akan terjadi jika pelanggar membayar denda sebelum tanggal sidang di tentukan ( tertulis di surat tilang ). 

jika pelanggar membayar denda setelah tanggal sidang di tentukan, maka akan membayar denda sesuai nominal yang telah di tentukan oleh hakim pengadilan, biasanya lebih murah dan tidak di haruskan membayar denda dengan nominal maksimal sesuai pasal pelanggaran lalu lintas.

Baca : fungsi surat tilang merah.

catatan : selama denda belum terbayarkan, maka surat yang di sita polisi masih akan di sita, dan bagi pelanggar yang membayar setelah putusan pengadilan, maka surat yang disita dapat di ambil langsung di pengadilan dengan proses yang lebih mudah dan lebih cepat.

dari kesimpulan di atas, maka hanya ada dua pilihan, membayar langsung ke bank sebelum jadwal pengadilan namun harus membayar denda dengan nominal maksimal, atau alternatif kedua menunggu 5 – 10 hari hingga putusan pengadilan.

manfaat lembar surat tilang biru.

  1. bagi seorang supir atau seseorang yang datang dari luar kota, tidak harus di repotkan untuk datang sidang, dan bisa membayar langsung melalui bank.
  2. menjadi alternatif terbebas dari pungli.

nah, semoga tulisan yang saya buat ini berguna dan bermanfaat..

1 thought on “fungsi surat tilang biru dan manfaatnya

  1. […] fungsi surat tilang biru dan manfaatnya(Buka di tab peramban baru) […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.