Posted on Leave a comment

Fungsi surat tilang merah dan manfaatnya

Fungsi lembar surat tilang merah dan manfaatnya

tokopuas.com – saat pengendara terkena tilang akibat melanggar lalu lintas, maka pengendara tersebut mempunya dua pilihan untuk memilih menerima surat tilang warna merah atau warna biru.

baca : fungsi dan manfaat surat tilang biru.

kedua surat tilang tersebut mempunyai fungsi masing masing, nah ditulisan ini saya akan menuliskan fungsi surat tilang warna merah. Surat tilang merah di berikan jika pelanggar mengakui kesalahanya , dan BERSEDIA HADIR DI PERSIDANGAN berdasarkan waktu yang telah di tentukan.

Jadi, surat tilang warna merah berfungsi bagi pelanggar yang bisa hadir di persidangan, dan jika pelanggar tidak bisa datang ke pengadilan bisa mewakilkanya ke seseorang. Pihak yang di di pilih untuk mewakili akan di tulis namanya di bagian surat tilang.

Biasanya biaya denda yang di bayarkan melalui pengadilan, menjadi lebih murah di banding jika menerima surat tilang warna biru, namun proses yang di lakukan lebih panjang dan lebih rumit.

jumlah denda yang harus di bayar di tentukan oleh hakim di pengadilan, biasanya lebih murah.

Jika pelanggar belum membayar denda untuk kasus pelanggaran lalu lintas yang telah di lakukan, maka surat kendaraan seperti STNK, SIM , masih akan di tahan. Besarnya denda yang di bayarkan tergantung dari keputusan hakim di pengadilan.

Manfaat surat tilang merah :

1.pelanggar bisa membayar lebih murah namun proses panjang dan rumit.

Semoga tulisan saya ini berguna dan bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.