Kamus peribahasa jawa abjad A

kumpulan arti dan peribahasa jawa dengan awalan abjad A.

arti peribahasa jawa
Photo by icon0.com on Pexels.com

semoga tulisan ini bisa sebagai salah satu cara melestarikan budaya jawa dalam berbahasa

Abang abang lambe : merah – merah bibir. artinya : a.hanya polesan bibir saja, tidak tulus di hati. / b. kata – kata manis hanya sekedar enak untuk didengarkan.

abot sanggane : berat bawaanya, artinya : a.orang yang di berikan tanggung jawab atau tugas – tugas yang sangat berat. / b.orang yang melanggar hukum, lalu di jatuhi hukuman yang memberatkanya.

baca : arti mimpi berhubungan dengan kejadian sehari hari.

abot telak karo anak : lebih berat tenggorokan di bandingkan anak. artinya : orang yang lebih memikirkan kepentingan dirinya sendiri di bandingkan kepentingan anaknya.

adang ngliwet : menanak nasi di dandang dan di periuk secara bersamaan. artinya : bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan baik dan dalam waktu yang bersamaan.

adedamar tanggal pisan kapurnamaan : sedianya menggunakan pelita, tiba -tiba datanglah bulan purnama. artinya : karena merasa kasihan pada orang yang di perkarakan, atau karena di temukan jalan damai di luar pengadilan.

adhang – adhang tumetesing bun : menunggu turunya tetesan embun. artinya : cita – cita yang tidak diperjuangkan, melainkan hanya menunggu datangnya nasib baik.

adigang, adigung, adiguna : menyombongkan diri bisa lari kencang seperti kijang ( adigang ), menyombongkan diri mempunya tubuh besar dan kuat seperti gajah( adigung ), menyombongkan diri mempunyai racun berbisa seperti ular( adiguna ). artinya : orang yang menyombongkan kekuasaan, jabatan, dan kecerdikanya.

adoh rathu cedhak watu : jauh ratu dekat batu, artinya : gambaran untuk masyarakat dusun yang jauh dari kehidupan istana dan hanya mengenal kehidupan sawah, gunung dan bebatuan. / b.pelosok atau pedesaan yang terpencil dari pusat politik, ekonomi, budaya dan akses informasi.

adol aweh tuku arep : menjual , memberi , membeli, maunya sama. artinya : kata- kata yag biasa dipergunakan seorang penjual untuk menjelaskan kepada pembeli, bahwa harga pokok barang daganganya tidak mahal dan mendapatkan untung.

adol ayu : menjual kecantikan, artinya : perempuan yang suka menampilkan kecantikanya, dengan tujuan agar di perhatikan oleh orang banyak.

adol endhog : menjual telur. artinya karena adanya kebutuhan yang mendesak, maka barang yang masih belum tiba temponya terpaksa rela di jual dengan harga murah.

adol gawe : menjual kerja, artinya : orang yang bekerja dengan rajin dan cekatan, supaya mendapatkan pujian dari orang lain dan juga majikanya.

adol lenga kari busike : menjual minyak tinggal kulit kusutnya, artinya : orang yang membagikan sesuatu, tetapi dia sendiri malah tidak dapat bagian.

adol sengung : menjual kesombongan : orang yang suka memamerkan kesombongan di mana saja dan kapan saja.

adol swara : menjual suara. artinya : orang yang memperdengarkan kemerduanya suaranya hanya untuk mendapatkan pujian dari orang banyak.

adu sungut : beradu misal : kedua belah pihak mencari – cari alasan untuk bertengkar.

adus keringet : bermandikan keringat : artinya : orang yang bekerja keras, membanting tulang, untuk bisa mencukupi kebutuhan keluarganya, supaya bisa hidup layak.

aja dhumeh, aja gumunan, aja kagetan : jangan sok, jangan mudah terkagum, jangan mudah terkejut. artinya : prinsip hidup agar tidak sombong, tidak mudah terkagum terhadap suatu hal yang baru, karena akan mudah di perdaya.

aja gumunan kaya kethek mlebu kutha : jangan mudah terkagum – kagum seperti kera masuk kota. artinya : jangan mudah terkejut ketika menerima berita, melihat sesuatu yang menakjubkan, atau melihat suatu kejadian.

aja ngethongake genthong kendhi : jangan mudah mengeringkan tempayan dan kendi. tempayan adalah alat untuk menampung air mentah, sedangkan kendi adalah tempat menyimpan air matang, maka kedua tempat ini sampai kosong, karena di percaya rezeki akan lambat datangnya.

pijer mangan nendra : jangan mengutamakan makan tidur. artinya : cegah dan kurangilah makan tidur agar tetap awas, tidak mudah terkena penyakit, dan waktu dapat digunakan dengan lebih produktif.

aji godhong garing : masih lebih berharga daun kering. artinya : sesuatu yang tidak berharga sama sekali.

aji godhong jati aking : masih lebih berharga daun jati kering. artinya : martabat seseorang yang di nilai begitu nista.

aji mumpung : ilmu mumpung. artinya : menyalahgunakan kesempatan untuk kepentingan pribadi, misalnya mumpung jadi menteri lantas melakukan kegiatan korupsi, mumpung menjadi pejabat lantas menindas rakyat.

ajining dhiri saka kedaling lathi, ajining salira saka busana : nilai diri seseorang terletak pada gerak lidahnya, nilai badaniah seseorang terletak pada pakaianya. artinya : harga diri seseorang terletak pada ucapanya, harga diri fisikal seseorang terletak pada busana dan bagaiamana ia mengenakan busana.

akadang saksi : berteman dengan saksi. artinya : orang yang mengajari dan memberi petunjuk kepada saksi, apa yang harus di katakan dan di perbuat di pengadilan nanti.

akal bulus : cerdik seperti kura – kura. orang yang memiliki sifat licik.

akal koja : cerdik seperti pedagang india, artinya : orang yang sangat lihat dalam hal menipu.

akal okol : akal dan tenaga. artinya : seseorang harus mempertahankankan diri dengan akalnya, kalau tidak bisa, baru dengan tenaga fisiknya.

akeh enggone mangan uyah: sudah banyak makan garam. artinya : a. sudah banyak pengalamanya. b. sudah tua. c. sudah kenyang mengalami suka – dukanya kehidupan.

akeh gludhuke kurang udane. banyak petirnya kurang hujanya. a.biasanya orang berlagak sombong itu tidak ada buktinya. b. biasanya orang yang banyak berjanji itu sering tidak menepati janji. c. biasanya orang berlagak pandai itu kosong otanya.

akutha saksi : orang yang bersandar kepada saksi. artinya : orang yang sedang berperkara di pengadilan hanya bersandar kepada kesaksian pemimpinya.

ala kandhutane: buruk yang di kandungnya. orang yang sifat dan perilakunya buruk.

alane gelar dening yekti : daripada tidak, sebagiknya dillihat juga kenyataanya. artinya : sebaiknya jangan hanya mempercayai apa yang di katakan seseorang begitu saja, tetapi dilihat juga kenyataan yang terjadi.

alap – ingalap : memiliki ganti dimiliki. artinya perkawinan saling silang , yakni yang tua mengawini yang muda, dan yang muda mengawini yang tua.

alihan gung : menghindari yang besar: artinya : orang pandai yang menjauhi sifat membesar – besarkan diri.

aling – alingan godhong waringin : bersembunyi di balik daun pohon beringin: artinya : berdalih dengan mengutarakan cerita yang tidak masuk akal, untuk menutup – nutupi kesalahanya.

alingan katon: bersembunyi ternyata kelihatan. artinya : orang yang mengingkari sesuatu, tapi tak lama kemudian ketahuan juga, lewat perkataan atau perilakunya.

alon-alon waton kelakon: pelan-pelan asal tercapai. artinya : a.biar pelan asalkan kesampaian apa yang di inginkan. b.tindakan yang penuh dengan kecermatan dan perhitungan agar tidak akan tergelincir dan tidak akan terpeleset, sehingga terhindar dari kerugian.

ambabadi rerungkud : menebah dan menyingkirkan semak yang tumbuh melebat. artinya : menyelesaikan persoalan – persoalan yang sulit mengganggu.

ambagas tan ana : memperkuat dengan yang tidak ada. artinya : mengajukan saksi yang sudah mati, atau bukti bukti yang hanya karangan belaka.

ambagaspati : seperti matahari. artinya : artinya orang yang memiliki sifat mudah marah dan tidak tahu sopan santun.

ambalang tai : melempar dengan tinja. artinya : orang yang membalas kebaikan dengan keburukan.

ambaling muka amigantaka : memalingkan muka untuk menghindari kematian. artinya : orang yang rela mengingkari keyakinanya agar terhindar dari ancaman kematian.

ambalithuk khukum : memanipulasi hukum. artinya :orang yang memutarbalikkan pengertian hukum, demi kepentingan sendiri agar terhindar dari tuntutan hukum.

ambalang sungsum : meresap dalam tulang hingga sumsum. artinya : orang yang memiliki keyakinan atau prinsip yang sangat kuat.

ambalang usus : kadang seperti tulang, kadang seperti usus. artinya : orang yang semangatnya berbah – ubah, kadang kuat seperti tulang dan kadang lunak seperti usus.

ambandakalani : melawan sesuatu yang berbahaya. artinya orang yang membangkang perintah.

ambangun tandha : mengubah ucapan. artinya : orang yang mengubah isi dan atau maksud suatu tulisan, seperti akta, surat perjanjian, surat keterangan, dll.

ambangun wacana : mengubah ucapan. artinya : orang yang mengubah isi dan maksud gugatan terhadap orang lain.

ambanyu mili : mengalir terus terus laksana air. artinya : a.orang yang rezekinya mengalir terus – menerus seperti air yang mengalir. b.sebuah perhelatan yang tamunya datang terus menerus seperti air mengalir.

ambarung sinang : mengiringi dengan kalimat. artinya : a.orang yang mengiringi perbuatan atau perilaku orang lain dengan kata-kata. b. orang yang menyertai pembicaraan orang lain.

ambata rubuh : seperti tumpukan batu bata yang roboh. artinya : a.orang yang mengawinkan dua tau tiga anak dalam satu hari. b.suara sorak sorai serentak.

ambaud adaris : pandu berdalis. artinya : orang yang kalah debat, lalu membuat dalih untuk menutupi kekalahanya.

ambaudhendha nyakrawati : merengkuh dan menggenggam dunia. kekuasaan seorang pemimpin atau raja adalah menjadi pengayom dan pengatur dunia.

ambebarang wirang : menjajakan aib. artinya : orang yang tanpa sengaja menceritakan aibnya atau aib keluarganya sendiri kepada orang banyak.

ambeg adil paramarta, ambeg paramarta : penuh rasa keadilan dan berlaku bijaksana. artinya : a.setiap orang harus bersikap adil dan bijaksana dalam menghadapi persoalan hidupnya, apalagi yang berkaitan dengan orang lain. b. seorang pemimpin harus pandai menentukan prioritas atau pandai mengutamakan hal yang lebih penting bagi kesejahteraan dan kepentingan umum.

ambegal sambi nganyang : merampok sembari menawar. artinya : a.pencopet atau perampok yang menyamar sebagai pembeli. b.pencuri di pabrik yang menyamar sebagai karyawan.

ambegugung ngutha waton : diam tak bergerak seperti benteng dari batu. artinya : orang yang membangkang pada perintah.

ambesemake payung : membakar payung. artinya : keluarga seorang pembesar ( seperti anak atau istri ) yang melakukan perbuatan hina, atau merusak reputasi pembesar tersebut.

ambidhung api rowang : mengganggu, pura – pura sebagai kawan. artinya: berpura-pura menjadi teman akrab, padahal bermaksud jahat.

ambima paksarsa dana : seperti bima memaksa mengambalikan uang. artinya : menuduh orang lain meminjam uang, lalu memaksa untuk segera mengembalikan uang tersebut.

ambiyak wangkong : menyibakkan baju penutup pantai. artinya : hal menceritakan aib atau rahasia orang lain.

ambles atilar dana : masuk ke dalam lalu meninggalkan uang. artinya : perbuatan suap.

ambucang reretuning jagad: membuang kotoran dunia. artinya : orang yang berusaha mengatasi persoalan – persoalan sosial dan menghilangkan segala persoalan yang membuat rusaknya kesejahteraan masyarakat.

ambuka sabda : membuka perkataan. artinya : belum di tanya sudah membeberkan hal – hal yang terjadi sebenarnya dengan jelas dan terperinci.

ambuntut arit : runcing melengkung seperti ujung sabit. artinya : pada mulanya berjalan lancar, namun kemudian menjadi lambat dan sulit, karena ada salah satu anggota yang ingin mencari keuntungan sebesar-besarnya.

amburu kidang lumayu : berburu kijang berlari : artinya : menginginkan sesuatu yang sulit untuk di capai.

amburu kucing kelangan deleg : mengejar ikan kecil kehilangan ikan besar. artinya : seseorang yang mengejar harta sedikit, akan tetapi malah kehilangan harta yang lebih besar.

ambuwang rase oleh kuwuk : membuang musang mendapat kucing hitam. artinya : bermaksud membuang sesuatu yang buruk, malah mendapat sesuatu yang lebih buruk lagi.

ambuwang tapak tilas : membuang jejak. artinya : orang yang mengerjakan sesuatu dengan menyamar, sebagai cara untuk menutupi kejahatanya.

amek iwak aja butheg banyune : mengambil ikan jangan sampai membuat airnya keruh. artinya : orang yang mengatasi masalah, mengejar cita – cita dan sebagainya. jangan sampai menimbulkan masalah baru atau mengganggu lingkungan sosialnya.

amek punggung : mengambil karena dungi. artinya : mengambil barang orang lain tanpa izin.

amis bacin : bau anyir atau bau busuk. artinya : berhasil atau tudak sudah menjadi tanggung jawab bagi orang yang mempunyai kewajiban.

amit – amit karo mbah buyut ben ora kuwalat : permisi kepada kakek buyut agat tidak kena tuahnya. sopan santun kepada leluhur agar tidak terkena kutukan.

among asih : cinta mencintai. artinya : suami istri yang menjalani kehidupan rumah tangganya dengan saling mencintai dan saling mengasihi.

ana awan ana pangan : ada siang ada makanan : artinya keyakinan kepada tuhan bahwa rezeki pasti akan datang setiap hari jika manusia berusaha.

ana bapang sumimpang : kalau ada tangan merentang, sebaiknya menghindar, apabisa hendak mengejar cita – cita, ketika ada rintangan, sebaiknya di hindari saja.

ana catur mungkur : menghindari perdebatan atau pembicaraan yang tidak layak. artinya: a.perdebatan yang tidak ada ujung pangkalnya hanya menguras pikiran dan tenaga. b.bersilat lidah yang hanya mengejar kepuasan diri berujung pada silang sengketa yang tidak menguntungkan.

ana daulate ora ana begjane : ada restunya, tetapi tidak ada keberuntunganya. artinya : orang yang tidak mendapatkan izin mengerjakan sesuatu hampir selesai, tetapi tidak ada karena gangguan.

ana dina ana upa : ada hari ada nasi. artinya : sebaiknya tak perlu merisaukan kebutuhan hidup setiap hari, karena asal mau bekerja, tentu ada penghasilan.

ana gula ana semut : ada gula ada semut, artinya : tempat yang banyak rezekinya pasti banyak orang yang mengunjunginya.

ana pangan padha di pangan ana gaweyan padha di tandatangani : ada makanan sama di makan, ada pekerjaan sama di kerjakan. artinya : semangat kebersatuan dan solidaritas suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

ana rega ana rupa : ada harga ada barangnya. artinya : jika harganya mahal, maka barangnya juga di pastikan bagus.

anak polah bapak kepradhah : anak bertingkah, ayah yang bertanggung jawab. artinya : a.karena di anak menuntut sesuatu, maka orang tualah yang bersusah payah untuk memenuhinya. b.akibat dari tindakan anaknya yang tidak baik, maka seorang ayah akan menanggung resiko buruknya.

anak-anakan timun : anak-anakan mentimun. artinya : a.waktu kecil di pelihara dengan baik, setelah besar di makan. b.mengambil istri dari anak angkar, waktu kecil di asuh setelah besar di nikahi.

anara wacana : memanah dengan ucapan. orang memaki – maki tanpa sebab, sehingga yang di maki – maki menjadi bingung karena ketidak tahuanya.

ancik – ancik ing pucuk eri : berpijak diujung duri, seorang yang berada di situasi yang berbahaya dan sangat mengkhawatirkan.

andaka anglukar sari baud tan wrin baya : banteng pintar membuka bunga, tetapi tidak tahu bahayanya. artinya : seorang pria yang menaruh hati kepada wanita, tapi tidak menyadari bahaya yang mengancamnya.

andaka angungak sari tan wrin baya : banteng membesuk bunga, tetapi tidak tahu bahayanya. laki – laki yang meperlakukan istri orang lain seperti istrinya sendiri, tetapi tidak menyadari adanya bahaya yang akan datang.

baca : arti mimpi berhubungan dengan tumbuhan.

andaka atawan siwaya : banteng pergi karena kalah. artinya : a.seorang yang meninggalkan masalah pada orang lain. b.orang yang pergi dalam keadaan meninggalakan persoalan yang belum selesai.

andaka atawan wiyasa: banteng kalah langsung kabur. artinya : orang yang kalah di pengadilan , tanpa berpikir panjang langsung kabur.

andaka ina tan wrin ngupaya : banteng bodoh tak tahu caranya berusaha. artinya : orang yang menolak dakwaan kejahatan tetapi pada dirinya da barang bukti kejahatan.

andaka kitiran : banteng berputar – putar : orang yang berkuasa, kemudian menyalahgunakan kekuasaanya dengan melanggar aturan – aturan dan bermaian seenaknya sendiri.

andangkarda : membeberkan dengan sangat. artinya : orang yang menceritakan isi hatinya namun kemudian melebar – kemana – mana tanpa jelas ujung pangkalnya.

andasa linya : melipatgandakan perbuatan sembrana ” orang yang mendapat musibah berulang- ulang karena perbuatanya sendiri.

andhudhuk apus kependem : menggali bambu apus yang sudah lama terpendam. artinya : mengungkit-ungkit kembali masalah yang sudah lama di lupakan.

andilat idune dhewe : menjilat ludahnya sendiri. artinya : orang yang meralat, melanggar atau menarik janjinya sendiri.

andiyu raksa : berjaga seperti raksasa. artinya : orang yang menjaga dengan sebaik – baiknya seperti raksasa demi menghindari segala bahaya yang mungkin akan timbul.

andiyu wreksa : seperti pohon raksasa. artinya : orang yang berani menentang pemimpin.

andriya raksa : selalu memikirkan dan mengawasi : artinya : orang yang selalu mencurigai pasanganya, sehingga waktunya habis untuk berpikir dan mengawasi pasanganya terus.

andum milih : membagi dan memilih. artinya : orang yang di serahi tugas untuk membagi sesuatu, tetapi sebelum membaginya, ia memilih dulu yang baik untuk dirinya.

anggagap tuna : menganggap rugi. artinya : gagal menuduh orang lain karena tidak mempunyai bukti.

anggajah elar : seperti gajah bersayap. artinya : a.orang yang bertindak ingin menguasai orang lain dengan tiak mengindahkan etika. b.suatu negara yang memperluas pengaruhnya dengan menerabas kemerdekaan negara lain.

anggayuh ing tawang, pejah tan wikara : menggapai kelangit, mati tidak berubah. artinya : orang yang menyanggupi pekerjaan di di luar kemampuanya, kemudian ia tidak mampu menyelesaikanya, sehingga ia pun meratapi penderitaan karena pekerjaanya itu.

anggayuh tuna : menggapai rugi. orang yang memiliki cita – cita, tapi tidak satupun tercapai.

anggedebog bosok : seperti batang pisang busuk. artinya : orang yang memiliki karakter kurang baik atau menampakkan sifat buruknya.

anggegalak racak : menghasut cacing keremi di dalam perut. artinya : membangkitkan keinginan jahat yang sebenarnya telah reda.

LANJUTAN arti kata peribahasa jawa.

karena tulisan page ini terlalu panjang.. akhirny saya memutuskan untuk membuat page selanjutnya. baca di sini : arti peribahasa jawa abjad A part 2

One thought on “Kamus peribahasa jawa abjad A

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.