Memperbaiki indikator bensin motor

Cara memperbaiki indikator bensin motor tidak menyala

tokopuas.com – indikator bensin sangat berguna untuk mengetahui kondisi bahan bakar yang berada didalam tangki. Dengan melihat indikator, pengendara bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk segera mengisi bensin saat berada di perjalanan jauh.

Jangan sampai motor menjadi mogok karena bensin habis, dan akhirnya harus mendorong kendaraan sejauh mungkin. Khusus sepeda motor injeksi model lama/pertama, jangan sampai kehabisan bensin, jika bensin sampai habis, bisa merusak fuel pump, dan motor akan tetap mogok walaupun tangki sudah di isi bensin.

baca : ciri – ciri rantai keteng rusak.

Sedangkan jika menggunakan motor injeksi versi terbaru, system injeksi sudah di kembangkan agar bisa mengatasi masalah ini, jika tangki habis sampai nol, motor akan tersendad dan mati, selanjutnya, jika tangki sudah di isi bensin, pengguna hanya perlu melakukan starter motor, untuk memancing fuel pump bekerja lagi. Proses ini membutuhkan waktu beberapa menit.

Nah, jika indikator bensin sepeda motor mati atau tidak berfungsi.. ada beberapa hal yang harus di periksa.

1. Periksa bagian kabel yang tersambung.

Periksa Kabel listrik yang tersambung dari indikator bensin ke tangki, pastikan kabel ini tidak ada yang rusak ataupun terbakar.

2.periksa bagian PCB.

untuk memerikda bagian ini, silahkan buka sensor bensin yang ada di tangki. Tanpilan gambarnya seperti di bawah ini :

Buka bagian tersebut.. dan periksa di bagian garis PCB, apakah ada yang berkarat, atau masih bersih.

Jika bagian di atas berkarat, maka akan indikator bensin tidak akan bekerja. Bagian ini bisa berkarat karena banyak hal seperti pengguna menggunakan bensin tidak murni, tercampur timbal atau tangki pernah kemasukan air banjir.

3.periksa apung – apung pengambang.

Bagian ini akan terus mengambang si atas bensin dan mengirimkan sinyal ke indikator bensin. Bagian ini harus di periksa, apakah masih mengambang atau sudah bocor.

Periksa apakah indikator bensin di speedometer masih hidup atau rusak, dengan cara menyambungkan sensor bensin ke jack kabel yang menuju indikator..

Gerakkan bagian apung – apung ke atas selama 1 menit dan kebawah selama 1 menit. Jika tidak ada pergerakan di indikator bensim dari E ke F , atau sebaliknya.. maka di pastikan kerusakan bisa terjadi di bagian indikator speedometer. Atau jika sensor di dalam tangki penuh karatan.. maka ganti sensor yang ada di bagian tangki, atau bisa juga dibersihkan dari karat.

baca : penyebab speedometer analog rusak cepat.

Nah, setelah semuanya berhasil diperbaiki, selanjutnya, pasang kembali sensor tangki. Untuk memasang jangan sampai terbalik, dan perhatikan tanda panah.. lihat gambar di bawah ini :

Semoga tulisan ini berguna dan beemanfaat, jangan lupa like dan share.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.