nilai aktiva bersih reksadana NAB

mengenal nilai unit bersih reksadana NAB

reksadana adalah salah satu jenis investasi yang cukup aman dan mudah di bandingkan jenis investasi lain seperti emas dan saham. alasanya adalah likuiditas atau pencairan yang mudah.

namun, semua investasi mempunyai resiko bahkan reksadana, untuk itu mengenal cara kerja dari sebuah reksadana perlu di lakukan agar kita bisa lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

keuntungan investasi emas online

untuk membeli reksadana, kita bisa melakukanya di situs resmi dan untuk reksadana kita harus mengenal yang namanya NAB, atau kepanjangan dari nilai aktiva bersih. sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini :

gambar di atas adalah nilai NAB perunit dari reksadana sucorinvest equity fund, nilai NAB akan bergejolak naik dan turun.

NAB adalah nilai atau harga wajar dari sebuah unit reksadana yang telah di kurangi biaya operasional. nilai NAB selalu berfluktuasi naik dan turun yang di sebabkan oleh pasar dari aset yang di kelola reksadana, transaksi jual dan beli yang di lakukan oleh investor, dan juga perubahan dari AUM ( Asset Under Management ) atau dana kelolan.

uang yang kita investasikan akan di rubah menjadi NAB, misalnya begini, saya menginvestasikan uang sebesar 1.000.000 pada saat nilai aktiva bersih 1.728,97 , jadi total unit yang saya dapat.

1.000.000 / 1.728,97 = 578,3790349

nah, itulah unit yang akan di dapat, dan yang harus di ingat, angka 2 digit setelah koma di NAB harus di perhatikan, karena inilah yang menjadi perhitungan apakah anda akan untung atau rugi.

jika dalam 1 minggu, nilai NAB naik Rp.25,01 , maka keuntungan investasi yang akan anda dapat adalah.

1.728,97 + 25,01 = 1.753,98, jadi nilai keuntungan yang akan anda dapatkan adalah :

( NAB hari ini * total unit dimiliki ) – modal awal .

(1.753,98 * 578,3790349 ) – 1.000.000

1.014.465,259 – 1.000.000 = Rp.14.465,25963,-

ingat ya, teman – teman, NAB dari reksadana bisa naik dan turun berdasarkan faktor. contohnya lihat gambar di bawah ini :

faktor harga naik turun reksadana.

keunggulan reksadana di banding forex

jenis reksadana ada yang berbasis saham, pendapatan tetap, pasar uang, indek dll. reksadana pasar uang adalah reksadana yang paling aman dengan return stabil. berbeda dengan reksadana saham yang punya resiko tinggi.

untuk reksadana saham, harga NAB di pengaruhi oleh komposisi saham yang di kelola manager investasi. jadi semakin bagus saham yang dikoleksi oleh sebuah reksadana, maka NAB tersebut akan naik seiring dengan naiknya harga saham.

kenapa reksadana aman, ?

kalau kita membeli saham, resiko yang sering kita temui adalah menjadi korban saham gorengan, atau yang paling parah adalah saham nyangkut tidak bisa dijual.

pengalaman investasi reksadana saham

kasus ini tidak akan terjadi jika anda membeli reksadana resmi, karena jika kinerja reksadana memburuk, maka manager investasi di haruskan mengembalikan uang investor. ada alasan kenapa sebuah reksdana di anggap memburuk dan di haruskan melakukan likuidasi, ini sudah sesuai dengan peraturan pemerintah.