pengalaman crown gigi di dokter

hasil crown gigi depan di dokter

tokopuas.com – ketika gigi rusak, ada beberapa cara yang bisa di lakukan dokter gigi agar gigi bisa kembali dan bisa digunakan, seperti melakukan penambalan, crown gigi, pasang gigi palsu, dan implan gigi.

di tulisan ini saya akan bagikan pengalaman saya pribadi sebagai seorang pasien yang pernah manjalani crown gigi atau penjaketan gigi.

total gigi yang saya crown ada 2 biji, yaitu berada di bagian depan.. untuk detail gigi saya yang rusak sebelum saya crown bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

nah, untuk jenis gigi yang saya pilih adalh metal porcelen, dan harga yang harus saya bayar adalah 1.300.000 per gigi, biaya ini belum termasuk bius dan konsultasi ke dokter, jadi kalau di total, saya menghabiskan dana sekitar 3 jutaan.

apa yang saya rasakan saat proses pemasangan crown.

seperti namanya, penjaketan gigi, jadi gigi depan saya harus di kecilkan yang berarti di kurangan bagian enamel dengan menggunakan bor, nah pada tahap ini adalah tahap paling menyakitkan, karena kita harus menahan rasa ngilu dan sakit.

di kunjungan pertama saya hanya melakukan konsultasi dan dokter melakukan pengukuran gigi yang nantinya akan di gunakan sebagai acuan untuk mencetak.

di kunjungan pertama ini, gigi saya tidak di kecilkan, mungkin karena gigi saya masih normal dan tidak mengalami banyak kerusakan.. heheeh.. tapi saya pribadi kurang tahu juga…

baca : cara membuat ketupat kupat.

di kunjungan kedua, saya langsung datang karena saya mendapatkan pesan whatsapp, kalau gigi saya telah selesai di cetak.

selanjutnya, gigi depan saya langsung di kecilkan dan di pasangkan dengan gigi crown. dan hasilnya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

catatan : karena gigi saya dalam kondisi normal, dan tidak rusak terlalu parah, jadi saya tidak perlu harus melakukan perawatan saluran akar gigi, setiap gigi mempunyai kondisi berbeda – beda, silahkan konsultasikan.

setiap dokter kadang mempunyai cara yang berbeda.

cara dan metode setiap dokter berbeda, biasanya gigi di kecilkan dan, dokter akan memasangkan gigi crown sementara karena menunggu pencetakan gigi.

setelah gigi selesai dibuat, pasien harus datang lagi ke dokter, dan mengganti crown gigi sementara dengan crown gigi yang telah di cetak.

kelebihan dan kekurangan memakai crown gigi.

ini adalah pengalaman yang saya alami, jika anda memiliki pengalaman yang berbeda dengan saya, silahkan berkomentar.

  1. gigi menjadi sangat sensitive ketika digunakan untuk makan makanan terlalu panas dan dingin.
  2. kurang kuat untuk memakan makanan yang bertekstur keras, seperti jagung bakar dan . agar gigi crown lebih awet dan tidak mudah rusak, hindari memakan makanan yang terlalu keras.

kelebihan memilih bahan metal porcelen.

lebih kuat dan awet di bandingkan dengan crown gigi berbahan resin, dan yang lebih penting, bisa sewarna dengan warna gigi.

nah, ini adalah pengalaman saya sebagai pasien yang memakai crown gigi, semoga bermanfaat bagi teman – teman dirumah yang ingin datang ke dokter gigi.