pengalaman membuat sim A baru

syarat buat sim A baru

tokopuas.com – bagi pemilik mobil pribadi, wajib memiliki SIM A, dan sebagai syarat wajib sebagai pengemudi resmi. untuk membuat SIM A baru, ada bebeberapa syarat yang harus terpenuhi.

syarat apakah itu agar bisa mendapatkan SIM A, nah di tulisan ini akan saya ceritakan pengalaman saya, namun sebelumnya saya mengingatkan jika langkah yang saya jalani bisa jadi berbeda dengan peraturan di kota anda tinggal.

syarat membuat sim UMUM dan PERORANGAN

dari rumah, saya sudah persiapkan foto copy KTP sebanyak 3 lembar. pertama, pada jam 8.30 pagi, saya pergi untuk melakukan test kesehatan, di bagian ini kita akan di test darah, berat badan, tinggi badan, mata, dll.

biaya yang harus saya bayar sebesar 30.000,- dan saya akan mendapatkan lembaran bukti test kesehatan, teman – teman dirumah bisa melihat tampilanya di bawah ini :

klik gambar, untuk memperbesar.

surat cek kesehatan

selanjutnya saya harus melakukan tes psikolog, biaya yang saya keluarkan sebesar 50.000. untuk tampilan suratnya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

test psikolog
surat test psikolog

langkah selanjutnya, saya harus membuat STSB atau kepanjangan surat tanda selesai belajar. surat ini harus saya buat dengan mengikuti ujian praktek dan teori. bagian ini merupakan bagian yang cukup sulit.

perbedaan jenis sim A B C dan D

setelah selesai melakukan praktek, saya mendapatkan STSB, tampilanya seperti di bawah ini :

surat hasil ujian
surat tanda selesai belajar

selanjutnya, saatnya saya datang ke kantor satlantas, untuk melakukan pendaftaran dengan membawa 3 dokumen di atas, dan langsung memasukkanya ke bagian pendaftaran.

Biaya denda tilang punya SIM dan tidak punya

di bagian ini, saya akan di tanyakan tentang tinggi badan, berat badan, nomer HP yang selalu aktif.

selesai di bagian pendaftaran, saya akan mendapatkan nomer antrian yang nantinya akan di gunakan untuk pengambilan foto dan rekam sidik jari.

nomer antrian foto SIM A
nomer antrian
ruangan pengambilan foto
ruangan pengambilan foto

ujian komputer ketika membuat SIM A

selanjutnya, ada ujian yang harus di lakukan, yaitu ujian komputer. ujian ini saya akan di berikan pertanyaan dan gambar, dan ada 2 pilihan, yaitu benar dan salah. tampilanya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

ujian sim komputer
ujian komputer SIM A

setelah selesai mengikuti ujian ini, kita akan mendapatkan surat keterangan apakah lulus atau tidak, ( mohon maaf, surat lupa saya foto )

langkah selanjutnya, saya harus datang ke loket BRI untuk melakukan pembayaran, besarnya biaya yang saya keluarkan sebesar Rp.120.000 untuk SIM A.

keuntungan menggunakan SIM umu

saya mendapatkan formulir cetak sim dan bukti pembayaran telah lunas, silahkan lihat gambarnya di bawah ini yaa. klik gambar jika ingin memperbesar tampilan.

formulir dan bukti pembayaran
Tanda bukti pembayaran surat izin mengemudi

jangan lupa untuk mengisi formulir cetak SIM, tampilanya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

formulir cetak sim A
formulir cetak SIM

proses mencetak SIM A

nah, setelah semua dokumen terkumpul menjadi 1 dalam sebuah stopmap, saya membawanya ke locket penyerahan sim, untuk mencetak SIM.

loket penyerahan sim
loket penyerahan sim

nah, inilah SIM A yang telah saya dapatkan setelah melalui beberapa proses panjang tadi.

SIM A
SIM A

kesimpulan :

proses pembuatan SIM A baru membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses yang cukup panjang. jika gagal, pemohon sim di haruskan untuk mengulangi.

semoga tulisan saya ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa baca artikel saya yang lain.

One thought on “pengalaman membuat sim A baru

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.