Perbedaan pelat nomor TNKB dan TCKB

perbedaan pelat nomor TNKB dan TCKB dan fungsinya

tokopuas.com – pelat nomor merupakan tanda bukti jika kendaraan tersebut telah teregistrasi. Pelat nomor berisi huruf dan angka yang menjadi nomer khusus yang tidak bisa sama dengan nomer pelat kendaraan lain.

Huruf dan angka yang terdapat di pelat nomor ini bisa digunakan untuk mengetahui identitas sebuah kendaraan terdaftar. Seperti kode area, nomer registrasi dan masa berlaku.

baca : denda sanksi tilang melanggar kecepatan.

Nah, saat pembeli membeli kendaraan baru, seorang pembeli akan mendapatkan nomer TNKB, nomer ini nantinya akan di cetak ke pelat resmi yang di keluarkan oleh kepolisian.

Proses pembuatan pelat resmi TNKB bisa cepat atau lambat. Pengalaman pribadi sekitar 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Berdasarkan peraturan pemerintah, agar kendaraan bisa digunakan dan tidak terkena razia polisi, kendaraan harus di pasangi dengan pelat nomor. Jika pelat nomor resmi TNKB yang di keluarkan oleh kepolisian belum selesai, pengendara bisa menggunakan pelat nomer sementara TCKB, atau kepanjangan dari Tanda Coba Kendaraan Bermotor, tampilan pelat TCKB bisa dilihat seperti gambar di bawah ini :

dan pelat nomor resmi TNKB resmi bisa di lihat seperti gambar di bawah ini : ada logo polri.

pelat TCKB bisa di gunakan sementara , menggantikan pelat nomer resmi TNKB yang belum jadi. Jika saat pengguna terkena razia polisi dan tidak memakai pelat nomer. Untuk biaya dendanya bisa baca di bawah ini :

Baca : biaya denda tilang tidak pakai pelat nomer.

Kesimpulan

TNKB :

  • proses pembuatan yang lama , dan setiap 5 tahun sekali harus di perbarui.
  • menggunakan warna dasar hitam dengan huruf dan angka berwarna putih.
  • ada logo polri sebagai tanda pelat TNKB asli.

TCKB :

  • Proses pembuatan yang cepat, hanya 1 hari.
  • Hanya di gunakan sekali, dan tidak perlu di perbarui.
  • Menggunakan warna dasar putih dan tulisan huruf dan angka berwarna merah.
  • tidak ada logo polri.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.