Perbedaan spidol permanen dan tidak

Perbedaan tinta spidol permanen dan tidak

cara kerja dari spidol itu seperti sebuah pena, dan sama – sama mempunyai sumber penyimpanan tinta. namun yang menjadi pembedanya di bagian ujung spidol terbuat dari bahan serat berpori yang jika di tekan akan seperti kain. nah, di tulisan ini penulis ingin membahas 2 jenis spidol yang ada di pasaran yang sering digunakan, yaitu spdol permanen dan tidak permanen.

spidol permanen di buat khusus menggunakan tinta yang tidak mudah luntur atau memudar, sedangkan spidol tidak permanent menggunakan jenis tinta yang bisa dengan mudah di hapus, nah, di tulisan ini penulis ingin membandingkan 2 jenis spidol ini.

membuat tinta pembuangan epson r230

nah, disini saya telah memiliki 2 buah spidol yaitu snowman boardmaker dan snowman marker ( permanen ). tampilanya seperti gambar di bawah ini :

selanjutnya, saya akan melakukan pengetesan, dengan mencelupkan hasil dari kedua spidol, dan ternyata hasilnya spidol boardmarker bisa luntur, sedangkan snowman permanent tidak luntur. perhatikan gambar di bawah ini :

dari kesimpulan di atas, bisa di simpulkan jika spidol snowman boardmarker menggunakan tinta berbasis dye ink ( cat air ), sedangkan snowman marker terbuat dari tinta cat minyak.

jadi untuk menghapus tulisan yang di buat dengan spidol semi permanen, cukup menggunakan alkohol atau air, sedangkan jika ingin menghilangkan tulisan spidol permanen membutuhkan thinner atau bensin.

tinta pigment vs tinta dye di kertas art paper dan HVS

nah, untuk contoh video percobaanya, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini :

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.