Perbedaan STNK dan STCK kendaraan bermotor

perbedaan STNK dan STCK kendaraan bermotor

tokopuas.com – saat kita membeli sebuah kendaran dalam kondisi baru dari dealer resmi, kendaraan tersebut tidak bisa langsung memiliki STNK, dan plat nomer( tanda nomer kendaraan bermotor ), namun harus bertahap menunggu beberapa bulan. Biasanya STNK dan TNKb akan di keluarkan setelah melalui proses kisaran 6 bulan.

baca : biaya denda tilang jika tidak punya SIM.

Berdasarkan peraturan pemerintah, pengendara harus bisa menunjukkan stnk saat terjadi razia dan kendaraan bermotor harus menggunkan plat nomer kendaraan.

nah, karena STNK dan TNKB belum bisa langsung jadi, maka pemilik kendaraan yang baru di beli bisa menggunakan STCK dan TCNKB agar kendaraan aman dari razia polisi.

baca : fungsi surat tilang biru.

STCK kepanjangan dari surat tanda coba kendaraan bermotor yang berfungsi menggantikan STNK , selama STNK masih dalam proses.

STCK di atur di undang undang no.22 tahun 2009 pasal 69 yang berbunyi

  1. setiap kendaraan bermotor yang belum diregistrasi dapat di operasikan di jalan untuk kepentingan tertentu dengan di lengkapi Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor.
  2. Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1 ) diberikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada badan usaha di bidang penjualan, pembuatan, perakitan, atau impor kendaraan bermotor.
  3. ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pemberian dan penggunaan Surat Tanda Coba Kendaarann Bermotor dan Tanda Coba Kendaraan Bermotor di atur dengan peraturan kepala kepolisian negara republik indonesia

STCK apakah penting..????

Contoh STCK yang pernah saya miliki dapat anda lihat seperti ganbar di bawah ini :

STCK kendaraan bermotor

untuk tampilan belakang, hanya berisi tulisan saja.. anda bisa lihat gambarnya seperti di bawah :

STCK bisa langsung di berikan saat pembeli membeli kendaraan baru dari dealer resmi, dan STCK akan terus berlaku sampai stnk asli selesai di proses dan di terima, biaya memiliki STCK gratis, namun untuk plat nomer sementara ( TCNKB ), biasanya ada biaya tambahan. berdasarkan pengalaman pribadi saya saat membeli motor baru….

nah, dari kesimpulan di atas, yang menjadi pembeda dari STNK dan STCK adalah penggunaanya, STNK akan selalu berguna jika kendaraan bermotor selalu di bayar pajaknya, sedangkan STCK hanya berguna ketika STNK masih dalam proses. dan jika STNK sudah di terima, STCK sudah tidak berguna dan tidak perlu di gunakan.

semoga tulisan saya ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share, terima kasih…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.