Syarat membuat SKCK baru

Syarat membuat SKCK baru dengan mudah

tokopuas.com – saat seseorang ingin melamar pekerjaan atau masuk kuliyah, biasanya seseorang memerlukan SKCK sebagai syarat. SKCK kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan kepolisian berfungsi untuk menunjukkan jika seseorang telah bersih dari catatan kejahatan, kegiatan atau tindakan kriminal.

Dahulu, SKCK bernama SKKB atau kepanjangan dari surat keterangan kelakuan baik, namun SKKB hanya di berikan jika seseorang tersebut belum pernah tercatat melakukan kejahatan.

Dengan di gantinya SKKB menjadi SKCK, skck sekarang bisa di buat siapapun, namin bagi seseorang yang pernah tercatat melakukan kecahatan, harus membersihkan,nya dengan datang ke kepolisian.

Nah, bagi seseorang yang ingin membuat stnk baru, harus datang langsung ke kantor polres sesuai domisili KTP.

Namun, bagi seseorang yang berada di luar kota bisa menggunakan cara di bawah ini :

Baca : cara membuat SKCK di luar kota.

Untuk syarat yang harus di bawa ketika ingin membuat SKCK baru adalah.

  1. Membawa surat pengantar dari kantor kelurahan, harus kantor sesuai domisili sang pemohon SKCK.
  2. membawa foto copy KTP / SIM yang sama dengan domisili kantor kelurahan.
  3. membawa foto copy kartu keluarga dan akta kelahiran.
  4. Membawa pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Nah, setelah syarat di atas terpenuhi, silahkan datang ke kantor kapolres sesuai domisili. Misalnya jika KTP anda adalah KTP kota kudus, silahkan datang ke polres kota kudus.

Setelah di polres ,silahkan mengantri dan isi formulir daftar riwayat hidup yang telah di sediakan di kantor polisi dengan jelas dan benar.

lanjutkan dengan mengumpulkan dokumen yang di perlukan, tunggu panggilan dari petugas, untuk proses pengambilan sidik jari.

Setelah proses sidik jari, SKCK biasanya jadi dalam beberapa jam. Jangan lupa untuk meminta legalisir SKCK, karena ini penting..

Nah, untuk biaya pembuatan SKCK di polres , tertulis di peraturan pemerintah nomer 60 tahun 2016 tentang tarif dan penerimaan negara bukan pajak ( PNBP ), termasuk SKCK, yang semula biayanya hanya Rp.10.000, naik menjadi Rp.30.000 untuk WNI ( update tarif 6 januari 2017 ).

SKCK punya masa aktif 6 bulan dan bisa di perpanjang..

baca : cara memperpanjang masa aktif skck.

Jika tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk like dan share..terima kasih…