wisata kawah sikidang dieng wonosobo

pesona kawah sikidang dieng wonosobo

tokopuas.com – dieng menyimpan banyak pesona wisata alam seperti wisata pegunungan, wisata candi arjuna dan juga wisata di kawah belerang yang bisa kita sebut dengan kawah sikidang. sebenarnya, kawah yang ada di dieng tidak ada lebih dari satu, namun kawah yang mudah di jangkau dan aman adalah kawah sikidang.

selain sikidang, di dieng ada kawah lain seperti kawah candaradimuka, sibanteng, sikendang, siglagah, sileri, sinila dan timbang. namun, ada 3 kawah yang berpotensi beracun yaitu kawah sikendang, sinila dan timbang.

nama sikidang di ambil nari nama hewan yaitu kijang, kijang adalah hewan yang sering berpindah pindah. banyak masyarakat percaya jika kawah sikidang selalu berpindah pindah seperti kijang. saat kita berwisata ke bukit sikunir, ada baiknya anda mengunjungi sikidang, sekedar untuk mengambil foto selfie, atau melihat keunikan kawah ini.

saat saya datang kesini ( 5 oktober 2019 ), biaya masuknya adalah Rp.15.000. jangan lupa untuk membawa masker saat berkunjung ke sikidang, karena aroma yang di keluarkan kawah cukup menyengat dan berpotensi membuat sesak nafas.

lokasi kawah sikidang dieng

Jarak sikidang dari tempat parkir kendaraan atau loket karcis sekitar 500 meter.

Saat perjalanan, kita akan mencium bau gas belerang di sepanjang jalan dan banyak para penjual.

pengalaman saya berada di kawah sikidang, di sini lebih banyak tercium gas karbit atau gas asetilen ( C2H2 ), dan bukan gas belerang. di sepanjang perjalanan banyak lubang – lubang yang menyemburkan gas.

nah, setelah sampai di kawah sikidang, kita akan melihat pemandangan khas kawah yang masih aktif dengan pemandangan yang cukup indah, walaupun ada bau menyengat yang terasa menyesakkan dada.

baca : wisata di sikunir negeri atas awan.

agar para pengunjung tetap aman, di sekitar kawah telah di bangun pagar beton agar wisatawan tidak ada yang terjatuh ke dalam kawah. karena kawah berisi cairan panas, beracun dan mengeluarkan asap beracun, pagar beton ini akan sangat berguna.

kawah sikidang yang berdiameter sekitar 100 meter ini dan aktif mengeluarkan asap, mmemberikan keindahan tersendiri bagi pecinta fotografy. pemandangan ini didukung dengan indahnya gunung di bagian belakang.

selain berfoto, di sikidang juga di sediakan tempat penyewaan sepeda motor trail. namun lajur yang bisa di pakai masih sangat terbatas.

merebus telur di kawah sikidang dieng.

ada satu pengalaman unik di sikidang yang harus anda coba, yaitu merebus telur secara langsung. anda bisa membeli telur mentah di penjual yang ada di sekitar. telur yang telah anda beli dapat anda masukkan ke kawah yang telah di sediakan, dan setelah matang, telur bisa di makan.

nah, sekarang saya mencoba mendaki bukit yang berasda di atas kawah, dan saya mencoba mengambil gambar dari bukit ini, dan ternyata pemandanganya terlihat lebih indah dari atas sini. terlihat pesona alam yang masih hijau dan pohon – pohon alami.

bagi anda traveller yang ingin melihat kawah vulkanik aktif yang memutih, sikidang bisa menjadi solusi yang tepat, selain aman dan mudah di jangkau, lokasi ini juga sangat cocok sebagai lokasi foto selfie. namun, yang harus di ingat, bagi anda yang punya penyakit sesak nafas, asma atau alergi gas, maka akan sangat berbahaya.

aroma yang di hasilkan dari kawah vulkanik sangat menyengat, walaupun saya membawa masker, tetapi pernafasan saya terasa sesak.

untuk suasana di kawah si kidang, saya juga telah membuatkan videonya, anda bisa melihatnya melalui video di bawah ini :

semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, jangan lupa like dan share yaa….